Tabel Pokok Bahasan sebagai Alat Bantu Pencarian Buku Pelajaran di Perpustakaan Sekolah Menengah Atas

Ezra Putranda Setiawan, Ismurjanti Ismurjanti

Abstract


Salah satu konsekuensi pergantian kurikulum di jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah pergantian buku pelajaran yang akan digunakan oleh para siswa. Hal ini tidak jarang merepotkan perpustakaan sekolah, khususnya dalam menyediakan buku pelajaran sesuai kurikulum terbaru dengan anggaran yang cenderung terbatas. Analisis secara mendalam menunjukkan bahwa materi-materi pelajaran kurikulum terbaru tidak jauh berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun tabel pokok bahasan pada beberapa mata pelajaran sesuai Kurikulum 2013 (revisi 2016) jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat. Menggunakan tabel tersebut, pustakawan sekolah dapat membantu para pemustaka untuk memanfaatkan buku pelajaran pada kurikulum sebelumnya (Kurikulum 2013/Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006/Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004) yang masih tersedia di perpustakaan sekolah.

Keywords


Buku; Kurikulum; Perpustakaan Sekolah

Full Text:

PDF

References


Khanafi, K. (2013). Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akhlak (Studi Kasus Di MAN 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Komariah, N. (2009). Peranan Perpustakaan Sekolah dalam Proses Belajar Mengajar. Semiloka pemberdayaan perpustakaan sekolah di Garut. Bandung: Universitas Padjajaran.

Mangnga, A. (2015). Peran Perpustakaan Sekolah terhadap Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jurnal Bidang Kepustakawanan Jupiter. Vol. XIV, no. 1, hal. 38-41.

Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Nuriyah. (2017). Ketersediaan Koleksi di Perpustakaan SMA Negeri 1 Serang dan Pengaruh-nya terhadap Siswa Jurusan MIA (Matematika dan Ilmu Alam). Skripsi. Jakarta: Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Syarif Hidayatullah.

Rosyada, D. (2004). Perpustakaan sebagai Pusat Pembelajaran: Analisis Arah Perubahan Pendidikan dan Signifikansi Peran Perpustakaan. Makalah disampaikan pada acara Lokakarya Teacher Librarianship. Jakarta: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah.

Susilana, R (ed.). (2006). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: FIP UPI Bandung.

Wahyuni, M. (2015). Peran Pustakawan sebagai Penyedia Informasi. Jurnal Iqra’. Vol. 9, no. 2, hal. 39-53.

Widuri, E. (2012). Perbandingan Pengajaran Dengan Menggunakan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) dan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Basastra, Vol 1, no. 1, hal. 48-59.

Wirianto, D. (2014). Persepektif Historis Transformasi Kurikulum di Indonesia. Islamic Studies Jurnal, Vol. 2, no. 1, hal. 133-147.

Yusuf, M. (2017). Peran Pustakawan dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Peserta Didik di Perpustakaan SMA 4 Bulupoddo Kabupaten Sinjai. Skripsi. Makasar: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 20 tahun 2016 tentang Standar Kelulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 21 tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah.




DOI: http://dx.doi.org/10.29240/tik.v2i2.558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 TIK ILMEU : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

Crossref Moraref Indonesian Publication Index (IPI) Google Scholar Indonesia One Search Academia.Edu PKP Index BASE

 


Tik Ilmeu Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

.