Perilaku Pencarian Informasi Guru Besar UIN Antasari Banjarmasin

Ahmad Syawqi

Abstract


Perilaku pencarian informasi (information seeking behaviour) merupakan perilaku pencarian tingkat mikro, yang ditunjukkan seseorang ketika berinteraksi dengan semua jenis sistem informasi. Pencarian informasi sangat dipengaruhi oleh kebutuhan informasi yang diinginkan oleh pengguna, semakin tinggi kebutuhan terhadap informasi yang diinginkannya, maka semakin tinggi pula pencarian informasi yang dilakukan oleh pengguna perpustakaan. Hal ini didukung oleh kebutuhan aktulisasi diri (dalam hal ini informasi).
Di dunia akademik, guru besar atau profesor adalah jabatan tertinggi bagi dosen yang mengajar di sebuah perguruan tinggi. Orang-orang yang menyandang gelar profesor merupakan orang yang luar biasa dan dengan usaha yang luar biasa pula yang dapat menyandang gelar tersebut.
Para guru besar dituntut melakukan kajian-kajian maupun penelitian di bidang spesialisasi yang mereka ambil. Oleh karena itu, mereka memerlukan akses terhadap informasi-informasi terkini dan pengetahuan-pengetahuan terbaru di bidang keahlian mereka ataupun bidang lain yang berkaitan dengannya. Informasi tersebut dapat diakses secara manual maupun online. Namun tidak semua guru besar dapat menelusur informasi yang dibutuhkannya, apalagi kalau informasi tersebut harus ditelusur secara online atau database. Oleh karena itu, tentu diperlukan strategi dalam memenuhi kebutuhan informasi mereka tersebut.

Keywords


perilaku, informasi, guru besar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29240/tik.v1i1.207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 TIK ILMEU : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

Crossref Google Scholar Indonesia One SearchPKP Index BASEDimensions

 


Tik Ilmeu Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

.