Kepala Madrasah Transformatif

Sumarto Sumarto

Abstract


Kepemimpinan transformasional merupakan gaya kepemimpinan yang mengutamakan pemberian kesempatan dan atau mendorong semua unsur yang ada di madrasah untuk bekerja atas dasar sistem nilai yang luhur, sehingga semua unsur yang ada di madrasah (guru, siswa, staf pengajar dan staf lainnya, orang tua siswa, masyarakat dan sebagainya) bersedia, tanpa paksaan, berpartisipasi secara optimal dalam rangka mencapai tujuan madrasah.
Perilaku kepemimpinan transformasional mewujudkan kepala Madrasah yang transformatif dengan upaya yang dilakukan yaitu: 1) Pengaruh ideal. Perilaku ideal adalah perilaku yang membangkitkan emosi dan identifikasi yang kuat dari pengikut terhadap pemimpin. 2) Pertimbangan individual. Pertimbangn individual meliputi pemberian dukungan, dorongan, dan pelatihan bagi pengikut. 3) Motivasi inspiration. Motivasi inspiration meliputi penyampaian visi yang menarik, dengan menggunakan simbol untuk memfokuskan upaya bawahan, dan membuat model perilaku yang tepat. 4) Stimulasi intelektual. Stimulasi intelektual adalah perilaku yang meningkatkan kesadaran pengikut akan permasalahan dan mempengaruhi para pengikut untuk memandang masalah dari perspektif yang baru.
Kata Kunci: Kepala Madrasah, Transformasional, Transformatif

Keywords


Kepala Madrasah; Transformasional; Transformatif

Full Text:

PDF

References


Aan Komariah dan Cepi Triatna,Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: PT.Bumi Aksara,2005.

Burt Nanus, Visionary Leadership: Creating a Compelling Sense of Direction for Your Organization. New York: Jossey-Bass, 1992.

Gary Yukl, Kepemimpinan dalam Organisasi. Jakarta: Indeks, 2010.

George R. Terry dan Laslie W. Rue, Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Husain Usman, Manajemen, Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.2008.

Ibnu Syamsi, Pokok-Pokok Lembaga dan Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Irham Fahmi,Manajemen kepemimpinan,Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta,2012.

Ismail Solihin, Pengantar Manajemen. Jakarta: Erlangga, 2009.

Jansen H. Sinamo dan Agus Santosa, Pemimpin Kredibel, Pemimpin Visioner.Jakarta: Insitut Dharma Mahardika, 2002.

Malayu S.P. Hasibuan, Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Muhaimin, dkk., Manajemen Pendidikan Aplikasinya dan Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/ Madrsah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.

Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, konsep, Strategi, dan Implementasi (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Mulyono,Educational Leadership,Mewujudkan Efektivitas Kepemimpinan Pendidikan. Malang : UIN Malang Press. 2009), hal. 131.

Nanang Fattah,Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2008.

Sudarwan Danim dan Suparno, Manajemen dan Kepemimpnan Transformasional dan Kekepalamadrasahan. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Sudarwan Danim, Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2010.

Sudarwin Danim, Visi Baru Manajemen Sekolah.Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Supardi, Sekolah Efektif Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2013.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.

Veithzal Rivai dan Deddy Mulyadi, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi.Jakarta : Rajawali Pers, 2010.

W. Mantja, Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Wineka Media, 2005.

www.merriam-webster.com/dictionary/transform.




DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v1i1.177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 TADBIR : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Is INDEXED BY:

Crossref Moraref Google Scholar Indonesia One Search Academia.Edu PKP Index BASE


Tadbir's Visitors

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

.