KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SEKOLAH DASAR

Nur Fauziah Siregar

Abstract


Matematika memiliki objek yang bersifat abstrak. Siswa mengalami kesulitan dalam matematika karena sifat keabstrakannya. Tahap tingkat perkembangan berfikir siswa pada tingkat sekolah masih konkrit, oleh karena itu diperlukan suatu pendekatan yang dipandang baik dan tepat yang dapat mengatasi permasalahan atau dapat menjembataninya adalah dengan pendekatan matematika realistik. Pembelajaran matematika ini berorientasi pada pengalaman dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan Matematika Realistik dalam pembelajaran memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan dan merekonstruksi konsep-konsep matematika, sehingga siswa mempunyai pemahaman tentang konsep-konsep matematika. Pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menjadikan pembelajaran matematika lebih menyenangkan yang dapat mempengaruhi komunikasi matematis siswa. Proses komunikasi matematis siswa yang baik dapat menjadi sarana untuk membentuk pembelajaran yang efektif dan komunikatif terutama untuk siswa SD yang dalam tingkat berfikir masih konkrit.

 


Keywords


Pembelajaran Matematika, Pendekatan Matematika Realistik, Komunikasi Matematis

Full Text:

PDF

References


Asmin. Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik dan Kendala yang Muncul di Lapangan. (2007). (Online).(http://www.depdiknas.go.id/jurnal/44/asmin. htm

Badar, T. I. Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif dan kontekstual. (Jakarta: Prenadamedia group. 2003).

Bansu I Ansari, Komunikasi Matematik Konsep dan Aplikasi (Banda Aceh:Pena, 2009)

Baroody. A.J. Problem Solving, Reasoning, and Communicating. (New York: Macmillan Publishing, 1993).

Dani Vardiansyah, Filsafat Ilmu Komunikasi “Suatu Pengantar” (Jakarta: PT.Indeks, 2008).

Haji. Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Disertasi UPI Bandung. (2005).

Iis Sri Elia R, Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika. Prossiding, Volume 1, No. 2, (2014).

National Council of Teacher Mathematics. Principles and Standards for Schools Mathematics. USA. Reston. V.A. (2000).

Ontario Ministry of Education’s. The Ontario Curriculum, Grades 1-8: Mathematics. Ontario: Queen’s Printer for Ontario, (2005).

Risna Mira Bella Saragih. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Tesis. (Medan : Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan, 2011).

Saragih, S. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis dan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menegah Pertama melalui Pendekatan Matemaatika Realistik. Disertasi. (Bandung: Program Pascasarjana UPI Bandung. 2007).

Soedjadi, R., Kita Pendidikan Matematika di Indonesia. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. (2000).

Tarigan. D. Pemebelajaran Matematika Realsitik..( Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2006)

Usdiyana, D. dkk. Meningkatkankemampuan Berpikir Logis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pengajaran MIPA. Vol. 13. No.1. Edisi April (2009).




DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jpd.v3i1.864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

Crossref Moraref Google Scholar Indonesia One Search Academia.Edu PKP Index BASE

free web stats AriRiayah's Visitors

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

.