RELEVANSI KURIKULUM PGMI TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN MAHASISWA PGMI IAIN METRO

Nurul Afifah

Abstract


Capaian Pembelajaran (CP) didefinisikan sebagai kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan sikap, keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja. Capaian Pembelajaran (CP) merupakan alat ukur dari apa yang diperoleh seseorang dalam menyelesaikan proses belajar baik struktur  maupun tidak terstruktur. Penetapan capaian pembelajaran harus mengacu pada tiga rujukan/dokumen; yaitu KKNI, SNPT dan SNPG. Selanjutnya rumusan capaian pembelajaran dijabarkan dalam Standar Kopetensi Lulusan (SKL)  yang dinyatakan dalam empat unsur yaitu : Sikap,  keterampilan umum, pengetahuan dan keterampilan khusus.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi kurikulum PGMI terhadap capaian pembelajaran mahasiswa IAIN Metro. Adapun penelitian kualitatif berjenis penelitian studi pustaka (library research). Tehnik pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara dan observasi. Selanjutnya Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif.

Capaian Pembelajaran dalam kurikulum jurusan PGMI IAIN Metro sesuai dengan ketentuan KKNI, SNPT dan SNPG adalah sebagai berikut; empat unsur standar kelulusan yang harus dikuasai oleh mahasiswa jurusan PGMI IAIN Metro berupa unsur sikap yang dinternalisasikan saat proses pembelajaran,  unsur keterampilan umum merupakan kemampuan menjadi guru secara umum, unsur pengetahuan merupakan penguasaan pengetahuan secara mendalam dalam bidang pendidikan, psikologi dan pengajaran dan unsur keterampilan khusus yaitu ; kemampuan lulusan program studi sesuai bidang keilmuan/keahlian dalam hal ini sebgai guru kelas di SD/MI


Keywords


capaian pembelajaran, kurikulum, Jurusan PGMI

Full Text:

PDF

References


Alhamuddin. Kurikulum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Mutu dan Relevansi. dalam Al-Murabbi Volume 3, Nomor 1 Juli 2016

Akmal. Relevansi Kurikulum PBS dengan Dunia Kerja. dalam al-Ta’dib. Volume 7 Nomor 1 Januari-Juni 2014.

Burhan Bugin. Metodologi Penelitian Kualitatif Altualisasi Metodologis ke Arah RagamVarian Kontemporer. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada. 2012

Didik Setyawarno. Relevansi Kurikulum S1 Pendidikan Fisika Universitas Negeri Yogjakarta Terhadap KKNI Level 6 Pendidikan Fisika. dalam Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika; Vol 2, No 1 (2014): Volume 2 Nomor 1 Juni 2014

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Kemendikbud RI. Panduan Kurikulum Pendidikan Tinggi. 2014

Depdiknas. Buku Pedoman Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. 2010.

Fauzan. Integrasi Islam dan Sains dalam Kurikulum Program Studi Pendidikan Guru MI Berbasis KKNI. dalam JMIE : Journal of Madrsah Ibtidaiyah Education. 2017.

______. Kurikulum & Pembelajaran. Ciputat : Gaung Persada (GP) Press. 2017

Imroatus Sholihah. KKNI dalam Kurikulum Berbasis Learning Outcomes. Dalam LINGUA. Vol. 12, No. 1, Maret 2015. Pusat Kajian Budaya dan Bahasa Surakarta Indonesia.

Kaimudin. Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi. dalam Al-Ta’dib Vol. 8 No.1, Januari-Juni 2015.

Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2005

Mukhtar. Bimbingan Skripsi, Tesis dan Artikel Ilmiah, Panduan Berbasis Penelitian Kualitatif Lapangan dan Perpustakaan. Ciputat : Gaung Persada Press. 2007

Nana Syaodih Sukmadinata. Metode Penelitian Pendidikan. Cet. Ke-3. Bandung : Remaja Rosdakarya. 2007.

Otaya, Lian G. Pengembangan Kurikulum Pragram Studi Manajeen Pendidikan Islam dalam Keterserapan Lulusan Pada Dunia Kerja. dalam Tadbir. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 2 No. 1 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jpd.v3i1.863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

Crossref Moraref Google Scholar Indonesia One Search Academia.Edu PKP Index BASE

free web stats AriRiayah's Visitors

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

.