Analisis Kurikulum PAUD di Kabupaten Rejang Lebong dan Relevansinya Terhadap Kurikulum Prodi PIAUD IAIN Curup

Siti Zulaiha, Baryanto Baryanto

Abstract


Abstrak : Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya dilakukan analisis terkait dengan pelaksanaan kurikulum pada PAUD di Kabupaten Rejang Lebong, hal ini dikarenakan kurikulum yang diterapkan belum seragam seiring dengan perubahan peraturan yang ada. Selain itu didasari oleh pentingnya menganalisis relevansi kurikulum Prodi PIAUD dengan kurikulum yang berlaku di PAUD sehingga bisa menjadi perbaikan kedepan. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana konsep kurikulum, menganalisis pelaksanaan Kurikulum mendeskripsikan relevansi kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Rejang Lebong terhadap Kurikulum Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data atau informan adalah Kepala dan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu interview, observasi dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan mereduksi data yang telah dikumpulkan, kemudian disajikan dalam bentuk uraian deskripsi data dan terakhir ditarik kesimpulan dari hasil dan analisis yang telah dilakukan. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa : pertama, muatan kurikulum PAUD di Kabupaten Rejang Lebong yang mengacu pada Permen 58 tahun 2009 meliputi PAI, Bahasa, Kognitif, Fisik, Akhlakul Karimah, Kemandirian, Sosial Emosional. Sedangkan yang mengacu pada Permen 146 tahun 2014 yaitu aspek perkembangan Nilai Agama dan Moral, Fisik Motorik, Kognitif, Sosial Emosional, Bahasa dan Seni. Kedua, pelaksanaan kurikulum PAUD di Kabupaten Rejang Lebong secara umum telah sesuai dengan pedoman kurikulum yang berlaku hanya saja pada kegiatan belajar mengajar masih banyak yang belum menggunakan model pembelajaran yang seharusnya diterapkan, kemudian pendekatan belum secara implisit dimasukkan dalam rencana kerja harian yang disusun oleh guru. Ketiga, relevansi kurikulum PAUD terhadap kurikulum Prodi PIAUD secara umum telah relevan, akan tetapi pada muatan dan penempatan pada komponen mata kuliah yang ditawarkan dan tingkat keluasan serta kedalamannya perlu dikaji ulang.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jpd.v3i1.818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

Crossref Moraref Google Scholar Indonesia One Search Academia.Edu PKP Index BASE

free web stats AriRiayah's Visitors

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

.